Tips dan Trik

Cara Melihat Password WiFi yang Terkunci dengan Mudah dan Cepat, Dijamin Ampuh

×

Cara Melihat Password WiFi yang Terkunci dengan Mudah dan Cepat, Dijamin Ampuh

Sebarkan artikel ini
Cara Melihat Password WiFi yang Terkunci

Password WiFi yang Terkunci

Viralindong.com – Apakah Anda pernah mengalami situasi di mana Anda ingin terhubung ke jaringan WiFi, tetapi tidak tahu passwordnya? Atau mungkin Anda lupa password WiFi rumah atau kantor Anda sendiri? Jika ya, maka Anda tidak sendirian. Banyak orang yang menghadapi masalah serupa, terutama ketika mereka berada di tempat umum yang menyediakan WiFi gratis, tetapi terkunci dengan password. simak selengkapnya tentang Cara Melihat Password WiFi yang Terkunci.

Tentu saja, Anda bisa saja meminta password WiFi kepada pemiliknya, tetapi itu mungkin tidak selalu memungkinkan atau nyaman. Misalnya, jika Anda berada di cafe atau restoran, Anda harus membeli sesuatu terlebih dahulu sebelum mendapatkan password WiFi. Atau jika Anda berada di rumah tetangga, Anda mungkin merasa tidak enak untuk mengganggu mereka hanya untuk meminta password WiFi.

Cara Melihat Password WiFi yang Terkunci

Lalu, bagaimana cara melihat password WiFi yang terkunci tanpa harus meminta izin atau mengeluarkan uang? Apakah ada cara yang mudah dan cepat untuk mengetahui password WiFi yang tersembunyi? Jawabannya adalah ya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk membobol password WiFi yang terkunci, baik dengan menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara melihat password WiFi yang terkunci dengan mudah dan cepat, baik di HP Android maupun di PC atau laptop Windows. Kami juga akan memberikan beberapa tips dan trik untuk mengamankan jaringan WiFi Anda sendiri agar tidak mudah dibobol oleh orang lain. Simak terus artikel ini sampai habis, ya!

Cara Melihat Password WiFi yang Terkunci di HP Android

Jika Anda menggunakan HP Android, ada beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membobol password WiFi yang terkunci. Aplikasi-aplikasi ini biasanya memanfaatkan fitur WPS (Wi-Fi Protected Setup) yang ada pada beberapa router WiFi. Fitur WPS ini memungkinkan Anda untuk terhubung ke jaringan WiFi tanpa harus memasukkan password, tetapi hanya dengan menekan tombol WPS pada router atau memasukkan PIN WPS yang terdiri dari 8 digit angka.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua router WiFi memiliki fitur WPS, dan tidak semua aplikasi pembobol WiFi bisa bekerja dengan baik. Selain itu, menggunakan aplikasi pembobol WiFi juga berisiko membawa virus atau malware ke HP Anda, atau bahkan mencuri data pribadi Anda. Oleh karena itu, kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan aplikasi pembobol WiFi, kecuali jika Anda benar-benar yakin dan bertanggung jawab atas risikonya.

Berikut adalah beberapa aplikasi pembobol WiFi yang bisa Anda coba di HP Android Anda:

Baca Juga :  5 Aplikasi Penghasil Saldo OVO Tercepat dan Terbaru 2023

1. WiFi Warden

WiFi Warden adalah salah satu aplikasi pembobol WiFi yang cukup populer di Play Store. Aplikasi ini bisa menampilkan informasi lengkap tentang jaringan WiFi di sekitar Anda, termasuk SSID, BSSID, frekuensi, kecepatan, keamanan, dan tentu saja passwordnya. Aplikasi ini juga bisa menghitung PIN WPS secara otomatis dan mencoba semua PIN yang mungkin untuk terhubung ke jaringan WiFi yang terkunci.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan WiFi Warden:

  • Unduh dan instal WiFi Warden melalui Play Store.
  • Buka aplikasi WiFi Warden dan izinkan akses lokasi dan penyimpanan.
  • Pilih menu Signals dan akan muncul daftar jaringan WiFi yang tersedia.
  • Pilih salah satu jaringan WiFi yang ingin Anda bobol passwordnya, pastikan ada simbol WPS di sebelah kanannya.
  • Klik Connect via WPS dan pilih Calculate PIN.
  • Klik Try All PIN dan tunggu beberapa saat sampai aplikasi menemukan PIN yang cocok.
  • Jika berhasil, Anda akan terhubung ke jaringan WiFi tersebut dan bisa melihat passwordnya di bagian Key.

2. WiFi Map

WiFi Map adalah aplikasi pembobol WiFi yang berbeda dari aplikasi lainnya. Aplikasi ini tidak mengandalkan fitur WPS, tetapi menggunakan konsep komunitas. Artinya, aplikasi ini menampilkan password WiFi yang dibagikan oleh pengguna lain yang pernah mengunjungi tempat tersebut. Biasanya, password WiFi yang ada di aplikasi ini berasal dari tempat-tempat umum seperti cafe, restoran, hotel, bandara, dan sebagainya.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan WiFi Map:

  • Unduh dan instal WiFi Map melalui situs resminya, karena aplikasi ini tidak tersedia di Play Store.
  • Buka aplikasi WiFi Map dan izinkan akses lokasi dan penyimpanan.
  • Di layar akan muncul daftar jaringan WiFi yang tersedia, pilih salah satu yang ingin Anda bobol passwordnya.
  • Klik Unlock Password dan akan muncul password WiFi tersebut, salin passwordnya dan tempel di pengaturan WiFi Anda.

3. WiFi Password Show

WiFi Password Show adalah aplikasi pembobol WiFi yang lebih sederhana dan mudah digunakan. Aplikasi ini tidak memerlukan fitur WPS atau komunitas, tetapi hanya menampilkan password WiFi yang sudah pernah tersimpan di HP Anda sebelumnya. Jadi, aplikasi ini cocok untuk Anda yang lupa password WiFi rumah atau kantor Anda sendiri, tetapi masih terhubung di HP Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan WiFi Password Show:

  • Unduh dan instal WiFi Password Show melalui Play Store.
  • Buka aplikasi WiFi Password Show dan izinkan akses root.
  • Akan muncul daftar jaringan WiFi yang sudah pernah tersambung di HP Anda, pilih salah satu yang ingin Anda lihat passwordnya.
  • Aplikasi akan menampilkan password WiFi tersebut, catat atau salin passwordnya.

Cara Melihat Password WiFi yang Terkunci di PC atau Laptop Windows

Jika Anda menggunakan PC atau laptop Windows, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi apapun untuk membobol password WiFi yang terkunci. Anda bisa menggunakan beberapa fitur bawaan Windows yang bisa menampilkan password WiFi yang sudah pernah tersimpan di PC atau laptop Anda sebelumnya. Jadi, cara ini juga cocok untuk Anda yang lupa password WiFi rumah atau kantor Anda sendiri, tetapi masih terhubung di PC atau laptop Anda.

Baca Juga :  Bagaimana Menjadi Konten Kreator Facebook yang Sukses dengan Reel Facebook?

Berikut adalah beberapa cara melihat password WiFi yang terkunci di PC atau laptop Windows:

1. Menggunakan Command Prompt

Command Prompt adalah aplikasi bawaan Windows yang bisa digunakan untuk menjalankan berbagai perintah dan fungsi. Salah satu fungsi yang bisa Anda gunakan adalah untuk menampilkan password WiFi yang sudah pernah tersambung di PC atau laptop Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tekan tombol Windows + R secara bersamaan untuk membuka kotak Run.
  • Ketik cmd dan tekan Enter untuk membuka Command Prompt.
  • Ketik perintah netsh wlan show profile [nama WiFi] key=clear dan tekan Enter, ganti [nama WiFi] dengan nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya.
  • Cek bagian Key Content untuk mengetahui password WiFi yang diincar.

2. Menggunakan Network and Sharing Center

Network and Sharing Center adalah fitur bawaan Windows yang bisa digunakan untuk mengatur dan mengelola jaringan yang terhubung ke PC atau laptop Anda. Anda juga bisa menggunakan fitur ini untuk menampilkan password WiFi yang sudah pernah tersambung di PC atau laptop Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Klik kanan ikon WiFi di pojok kanan bawah layar dan pilih Open Network and Sharing Center.
  • Klik nama jaringan WiFi yang sedang terhubung di bagian Connections.
  • Klik Wireless Properties dan pilih tab Security.
  • Centang kotak Show characters untuk menampilkan password WiFi yang terhubung.

3. Menggunakan Control Panel

Control Panel adalah fitur bawaan Windows yang bisa digunakan untuk mengubah berbagai pengaturan sistem dan perangkat. Anda juga bisa menggunakan fitur ini untuk menampilkan password WiFi yang sudah pernah tersambung di PC atau laptop Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka Control Panel melalui menu Start atau kotak Run.
  • Pilih Network and Internet dan pilih Network and Sharing Center.
  • Klik Change adapter settings di sebelah kiri layar.
  • Klik kanan ikon WiFi dan pilih Status.
  • Klik Wireless Properties dan pilih tab Security.
  • Centang kotak Show characters untuk menampilkan password WiFi yang terhubung.

Tips dan Trik untuk Mengamankan Jaringan WiFi Anda

Setelah mengetahui beberapa cara melihat password WiFi yang terkunci, Anda mungkin merasa khawatir dengan mudah dibobol oleh orang lain. Oleh karena itu, Anda perlu mengamankan jaringan WiFi Anda agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mengamankan jaringan WiFi Anda:

  • Ubah password WiFi Anda secara berkala. Jangan menggunakan password yang mudah ditebak, seperti nama, tanggal lahir, atau nomor telepon Anda. Gunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol yang acak dan sulit dihafal. Catat password Anda di tempat yang aman dan jangan berbagi dengan orang lain.
  • Nonaktifkan fitur WPS pada router Anda. Fitur WPS memang memudahkan Anda untuk terhubung ke jaringan WiFi tanpa harus memasukkan password, tetapi juga membuka celah bagi orang lain untuk membobol password WiFi Anda. Anda bisa menonaktifkan fitur WPS melalui pengaturan router Anda, biasanya dengan mengakses alamat IP 192.168.1.1 atau 192.168.0.1 di browser Anda.
  • Sembunyikan nama jaringan WiFi Anda. Jika Anda tidak ingin jaringan WiFi Anda terlihat oleh orang lain, Anda bisa menyembunyikannya dengan mengubah pengaturan SSID (Service Set Identifier) pada router Anda. Dengan begitu, Anda harus memasukkan nama jaringan WiFi Anda secara manual saat ingin terhubung. Anda bisa mengubah pengaturan SSID melalui pengaturan router Anda, sama seperti cara menonaktifkan fitur WPS.
  • Batasi jumlah perangkat yang bisa terhubung ke jaringan WiFi Anda. Jika Anda tidak ingin jaringan WiFi Anda dipenuhi oleh perangkat yang tidak Anda kenal, Anda bisa membatasi jumlah perangkat yang bisa terhubung ke jaringan WiFi Anda. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan fitur MAC (Media Access Control) filtering pada router Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memilih perangkat mana saja yang boleh terhubung ke jaringan WiFi Anda berdasarkan alamat MAC-nya. Anda bisa mengetahui alamat MAC perangkat Anda melalui pengaturan WiFi atau dengan menggunakan aplikasi seperti MAC Address Finder.
  • Gunakan enkripsi yang kuat untuk jaringan WiFi Anda. Enkripsi adalah proses yang mengubah data yang dikirim melalui jaringan WiFi menjadi kode yang sulit dibaca oleh orang lain. Ada beberapa jenis enkripsi yang bisa Anda gunakan untuk jaringan WiFi Anda, seperti WEP (Wired Equivalent Privacy), WPA (Wi-Fi Protected Access), dan WPA2 (Wi-Fi Protected Access 2). Kami menyarankan Anda untuk menggunakan enkripsi WPA2, karena merupakan jenis enkripsi yang paling aman dan modern saat ini. Anda bisa mengubah jenis enkripsi melalui pengaturan router Anda, sama seperti cara mengubah password atau SSID.
Baca Juga :  Cara Membuat Foto Menjadi Video yang Keren dan Menarik

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara melihat password WiFi yang terkunci dengan mudah dan cepat, baik di HP Android maupun di PC atau laptop Windows. Kami harap artikel ini bisa membantu Anda yang sedang membutuhkan password WiFi, tetapi juga mengingatkan Anda untuk tidak menyalahgunakan cara-cara ini untuk merugikan orang lain. Selain itu, kami juga memberikan beberapa tips dan trik untuk mengamankan jaringan WiFi Anda agar tidak mudah dibobol oleh orang lain. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

FAQ

Q: Apakah cara-cara ini bisa digunakan untuk semua jenis router WiFi?

A: Tidak, beberapa router WiFi mungkin memiliki pengaturan atau fitur yang berbeda dari yang kami sebutkan di artikel ini. Anda harus menyesuaikan cara-cara ini dengan jenis dan model router WiFi yang Anda gunakan.

Q: Apakah cara-cara ini bisa digunakan untuk semua sistem operasi?

A: Tidak, artikel ini hanya membahas cara-cara yang bisa digunakan untuk HP Android dan PC atau laptop Windows. Jika Anda menggunakan sistem operasi lain, seperti iOS, macOS, Linux, atau lainnya, Anda harus mencari cara-cara yang sesuai dengan sistem operasi tersebut.

Q: Apakah cara-cara ini legal dan aman?

A: Tergantung pada tujuan dan cara Anda menggunakannya. Jika Anda hanya ingin mengetahui password WiFi rumah atau kantor Anda sendiri, atau jika Anda mendapatkan izin dari pemilik jaringan WiFi, maka cara-cara ini bisa dibilang legal dan aman. Tetapi, jika Anda ingin membobol password WiFi orang lain tanpa sepengetahuan atau izin mereka, maka cara-cara ini bisa dibilang ilegal dan berbahaya. Anda bisa terkena sanksi hukum atau bahkan menjadi korban balas dendam dari pemilik jaringan WiFi.

Q: Apakah ada cara lain untuk mengetahui password WiFi yang terkunci?

A: Ya, ada beberapa cara lain yang mungkin bisa Anda coba, seperti menggunakan aplikasi lain, menggunakan perangkat lain, atau menggunakan metode lain. Namun, kami tidak bisa menjamin keberhasilan atau keamanan dari cara-cara lain tersebut. Anda harus berhati-hati dan bertanggung jawab saat mencoba cara-cara lain tersebut.

Q: Apakah ada cara untuk mencegah orang lain membobol password WiFi saya?

A: Ya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah orang lain membobol password WiFi Anda, seperti yang sudah kami jelaskan di bagian tips dan trik untuk mengamankan jaringan WiFi Anda. Anda bisa mengubah password, menonaktifkan fitur WPS, menyembunyikan nama jaringan, membatasi jumlah perangkat, dan menggunakan enkripsi yang kuat untuk jaringan WiFi Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan antivirus atau firewall untuk melindungi perangkat Anda dari virus atau malware yang bisa mencuri password WiFi Anda.