Tips dan Trik

Cara Mendapatkan RDP Gratis Amazon dan Fungsinya

×

Cara Mendapatkan RDP Gratis Amazon dan Fungsinya

Sebarkan artikel ini
Cara Mendapatkan RDP Gratis

Cara Mendapatkan RDP Gratis Amazon dan Fungsinya

Viralindong.com – RDP atau Remote Desktop Protocol adalah sebuah protokol yang memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengontrol komputer jarak jauh melalui internet. Dengan RDP, Anda bisa menjalankan aplikasi, mengelola file, dan melakukan berbagai tugas di komputer yang berada di lokasi lain, tanpa harus berada di depannya.

Cara Mendapatkan RDP Gratis

Salah satu penyedia layanan RDP yang populer adalah Amazon Web Services (AWS). AWS adalah sebuah platform cloud computing yang menawarkan berbagai macam produk dan solusi untuk kebutuhan bisnis dan pribadi. Salah satu produk AWS yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan RDP gratis adalah Amazon EC2.

Amazon EC2 adalah sebuah layanan yang menyediakan kapasitas komputasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda bisa membuat dan mengelola instance, yaitu unit virtual yang berisi sistem operasi, aplikasi, dan sumber daya yang Anda butuhkan. Anda bisa memilih jenis, ukuran, dan spesifikasi instance yang Anda inginkan, serta lokasi pusat data yang Anda gunakan.

Salah satu keuntungan menggunakan Amazon EC2 adalah Anda bisa mendapatkan RDP gratis selama 12 bulan pertama, dengan syarat Anda memenuhi kriteria berikut:

  • Anda adalah pengguna baru AWS atau belum pernah menggunakan Amazon EC2 sebelumnya.
  • Anda menggunakan instance tipe t2.micro, yang memiliki 1 vCPU, 1 GB RAM, dan 30 GB SSD.
  • Anda tidak melebihi batas penggunaan gratis, yaitu 750 jam per bulan, untuk semua instance tipe t2.micro yang Anda jalankan.
  • Anda menggunakan sistem operasi Windows Server 2019 Base, yang tersedia secara gratis di AWS Marketplace.

Jika Anda memenuhi kriteria di atas, Anda bisa mendapatkan RDP gratis Amazon selama 12 bulan pertama. Setelah itu, Anda bisa memilih untuk melanjutkan menggunakan layanan dengan biaya yang ditentukan oleh AWS, atau menghentikan penggunaan dan menghapus instance Anda.

Cara Mendapatkan RDP Gratis Amazon

Untuk mendapatkan RDP gratis Amazon, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Buat akun AWS jika Anda belum memilikinya. Anda bisa mendaftar di situs web AWS dengan menggunakan alamat email dan kartu kredit yang valid. Anda tidak akan dikenakan biaya apapun saat mendaftar, kecuali Anda melebihi batas penggunaan gratis.
  2. Masuk ke AWS Management Console, yaitu antarmuka web yang memungkinkan Anda untuk mengelola produk dan layanan AWS yang Anda gunakan. Anda bisa masuk di sini.
  3. Pilih layanan Amazon EC2 dari menu yang tersedia. Anda akan diarahkan ke halaman dashboard Amazon EC2, yang menampilkan informasi tentang instance, volume, gambar, dan sumber daya lain yang Anda miliki atau gunakan.
  4. Klik tombol Launch Instance, yang berada di bagian kanan atas halaman. Anda akan memulai proses pembuatan instance baru, yang terdiri dari beberapa langkah.
  5. Pilih gambar Amazon Machine Image (AMI) yang Anda inginkan. AMI adalah sebuah template yang berisi sistem operasi, aplikasi, dan konfigurasi yang Anda butuhkan untuk menjalankan instance Anda. Untuk mendapatkan RDP gratis, pilih gambar Windows Server 2019 Base, yang berlabel Free tier eligible. Pastikan Anda memilih gambar yang sesuai dengan arsitektur dan wilayah yang Anda inginkan.
  6. Pilih jenis instance yang Anda inginkan. Jenis instance menentukan spesifikasi dan harga instance yang Anda buat. Untuk mendapatkan RDP gratis, pilih jenis t2.micro, yang berlabel Free tier eligible. Anda bisa melihat detail spesifikasi dan harga instance di bagian kanan halaman. Klik tombol Next: Configure Instance Details untuk melanjutkan.
  7. Sesuaikan detail konfigurasi instance Anda sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa mengatur jumlah instance, jaringan, subnet, alamat IP, perilaku shutdown, dan opsi lain yang Anda inginkan. Jika Anda tidak yakin, Anda bisa menggunakan pengaturan default yang disarankan oleh AWS. Klik tombol Next: Add Storage untuk melanjutkan.
  8. Sesuaikan ukuran dan jenis penyimpanan yang Anda inginkan untuk instance Anda. Anda bisa menambah, menghapus, atau mengubah volume yang terhubung dengan instance Anda. Volume adalah unit penyimpanan yang menyimpan data dan file instance Anda. Untuk mendapatkan RDP gratis, pastikan Anda menggunakan volume tipe General Purpose SSD (gp2) dengan ukuran 30 GB atau kurang. Anda bisa melihat detail ukuran dan harga volume di bagian kanan halaman. Klik tombol Next: Add Tags untuk melanjutkan.
  9. Tambahkan tag yang Anda inginkan untuk instance Anda. Tag adalah label yang membantu Anda mengidentifikasi dan mengelola sumber daya AWS yang Anda miliki. Anda bisa menambahkan tag dengan nama, deskripsi, tujuan, atau informasi lain yang Anda inginkan. Tag bersifat opsional, Anda bisa melewati langkah ini jika Anda tidak ingin menambahkan tag. Klik tombol Next: Configure Security Group untuk melanjutkan.
  10. Konfigurasikan grup keamanan yang Anda inginkan untuk instance Anda. Grup keamanan adalah sebuah aturan yang menentukan lalu lintas jaringan yang diizinkan untuk masuk dan keluar dari instance Anda. Anda bisa membuat grup keamanan baru, atau menggunakan grup keamanan yang sudah ada. Untuk mendapatkan RDP gratis, pastikan Anda mengizinkan lalu lintas RDP (port 3389) dari sumber yang Anda percayai, seperti alamat IP Anda sendiri. Anda bisa melihat detail aturan dan sumber di bagian bawah halaman. Klik tombol Review and Launch untuk melanjutkan.
  11. Tinjau dan luncurkan instance Anda. Anda akan melihat ringkasan detail instance yang Anda buat, termasuk gambar, jenis, konfigurasi, penyimpanan, tag, dan grup keamanan yang Anda gunakan. Jika Anda puas dengan pilihan Anda, klik tombol Launch untuk memulai proses pembuatan instance Anda. Jika Anda ingin mengubah sesuatu, klik tombol Previous untuk kembali ke langkah sebelumnya.
  12. Buat atau pilih pasangan kunci yang Anda inginkan untuk instance Anda. Pasangan kunci adalah sebuah set kunci publik dan privat yang digunakan untuk mengenkripsi dan dekripsi informasi login instance Anda. Anda bisa membuat pasangan kunci baru, atau menggunakan pasangan kunci yang sudah ada. Untuk mendapatkan RDP gratis, pastikan Anda menyimpan file kunci privat (.pem) di tempat yang aman dan mudah diakses, karena Anda akan membutuhkannya untuk menghubungkan ke instance Anda nanti. Pilih pasangan kunci yang Anda inginkan dari menu drop-down, dan centang kotak I acknowledge that … untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku. Klik tombol Launch Instances untuk melanjutkan.
  13. Tunggu hingga instance Anda siap digunakan. Anda akan melihat halaman konfirmasi yang menampilkan ID dan status instance Anda. Anda bisa mengklik tombol View Instances untuk melihat detail instance Anda di halaman dashboard Amazon EC2. Anda bisa melihat status, alamat IP, dan informasi lain tentang instance Anda di sana. Status instance Anda akan berubah dari pending menjadi running saat instance Anda siap digunakan. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit, tergantung pada jenis dan ukuran instance Anda.
Baca Juga :  Cara Monetisasi Reels Facebook di Aplikasi dan Website Facebook

Selamat, Anda telah berhasil mendapatkan RDP gratis Amazon. Sekarang, Anda bisa menghubungkan ke instance Anda dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Menggunakan RDP di Windows

Untuk menggunakan RDP di Windows, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Remote Desktop Connection, yang bisa Anda temukan di menu Start atau dengan mengetik mstsc di kotak pencarian. Aplikasi ini adalah aplikasi bawaan Windows yang digunakan untuk menghubungkan ke komputer jarak jauh melalui RDP.
  2. Masukkan alamat IP atau nama domain instance Amazon EC2 yang Anda ingin hubungkan di kotak Computer. Anda bisa menemukan alamat IP instance Anda di halaman dashboard Amazon EC2, di kolom IPv4 Public IP. Jika Anda belum memiliki nama domain, Anda bisa menggunakan layanan DNS gratis seperti No-IP atau Dynu untuk membuatnya. Klik tombol Connect untuk melanjutkan.
  3. Konfirmasi identitas instance Anda dengan memasukkan kunci privat yang Anda simpan sebelumnya. Anda akan melihat sebuah jendela keamanan yang menampilkan sertifikat dari instance Anda. Klik tombol Show Options untuk melihat detail sertifikat. Pastikan bahwa sertifikat berasal dari instance yang Anda inginkan, dan tidak ada peringatan atau kesalahan yang ditampilkan. Jika Anda yakin, klik tombol Connect untuk melanjutkan.
  4. Masukkan nama pengguna dan kata sandi yang Anda inginkan untuk masuk ke instance Anda. Nama pengguna default untuk instance Windows adalah Administrator. Kata sandi default tidak ada, Anda perlu membuatnya sendiri. Anda bisa membuat kata sandi dengan menggunakan alat Get Windows Password, yang bisa Anda temukan di halaman dashboard Amazon EC2, di bagian Actions > Instance Settings > Get Windows Password. Anda perlu memasukkan file kunci privat (.pem) yang Anda simpan sebelumnya untuk mendapatkan kata sandi. Setelah Anda mendapatkan kata sandi, Anda bisa menggantinya dengan yang Anda inginkan di dalam instance Anda. Klik tombol OK untuk melanjutkan.
  5. Tunggu hingga koneksi RDP Anda berhasil terhubung. Anda akan melihat layar desktop dari instance Anda, yang sama dengan layar desktop Windows biasa. Anda bisa menjalankan aplikasi, mengelola file, dan melakukan berbagai tugas di dalam instance Anda, seolah-olah Anda berada di depannya. Anda juga bisa menyesuaikan pengaturan RDP Anda, seperti resolusi, warna, suara, dan lain-lain, dengan menggunakan menu Options yang ada di aplikasi Remote Desktop Connection.
Baca Juga :  Cara Dapat Canva Pro Gratis untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Siapa Saja yang Ingin Desain Grafis yang Keren

Selamat, Anda telah berhasil menggunakan RDP di Windows. Sekarang, Anda bisa menikmati layanan RDP gratis Amazon selama 12 bulan pertama, dengan syarat Anda tidak melebihi batas penggunaan gratis yang ditetapkan oleh AWS.

Fungsi dan Manfaat RDP

RDP adalah sebuah protokol yang memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengontrol komputer jarak jauh melalui internet. Dengan RDP, Anda bisa mendapatkan berbagai fungsi dan manfaat, seperti:

  • Menghemat biaya dan sumber daya. Anda tidak perlu membeli atau menyewa komputer fisik yang mahal dan berat, karena Anda bisa menggunakan komputer virtual yang lebih murah dan ringan. Anda juga tidak perlu membayar listrik, pendingin, perawatan, dan biaya lain yang terkait dengan komputer fisik. Anda hanya perlu membayar layanan RDP yang Anda gunakan, yang biasanya lebih terjangkau dan fleksibel.
  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Anda bisa mengakses dan mengontrol komputer jarak jauh kapan saja dan di mana saja, selama Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Anda tidak perlu terbatas oleh waktu, tempat, atau perangkat yang Anda gunakan. Anda bisa bekerja dari rumah, kantor, kafe, atau tempat lain yang Anda inginkan, dengan menggunakan laptop, tablet, smartphone, atau perangkat lain yang Anda miliki. Anda juga bisa berkolaborasi dengan tim atau klien Anda dengan mudah, tanpa harus bertemu secara langsung atau mengirim file bolak-balik.
  • Mendapatkan performa dan keamanan yang lebih baik. Anda bisa memilih jenis, ukuran, dan spesifikasi komputer jarak jauh yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa mendapatkan komputer yang lebih cepat, kuat, dan stabil, tanpa harus mengorbankan kualitas atau kenyamanan Anda. Anda juga bisa mendapatkan komputer yang lebih aman, karena Anda bisa mengenkripsi data dan file Anda, serta membatasi akses dan lalu lintas yang masuk dan keluar dari komputer Anda. Anda juga bisa membuat backup dan snapshot dari komputer Anda, sehingga Anda bisa mengembalikan kondisi komputer Anda jika terjadi masalah atau kesalahan.
Baca Juga :  Menghasilkan Uang dari Snack Video, Apa Saja Caranya?

Itulah beberapa fungsi dan manfaat RDP yang bisa Anda dapatkan. Tentu saja, ada juga beberapa risiko dan tantangan yang harus Anda hadapi saat menggunakan RDP, seperti koneksi internet yang tidak stabil, biaya yang tidak terduga, atau masalah kompatibilitas. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan dengan baik sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan RDP, dan memilih penyedia layanan RDP yang terpercaya dan berkualitas, seperti Amazon Web Services.

Kesimpulan

RDP adalah sebuah protokol yang memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengontrol komputer jarak jauh melalui internet. Anda bisa mendapatkan RDP gratis selama 12 bulan pertama dengan menggunakan layanan Amazon EC2, yang merupakan salah satu produk dari Amazon Web Services. Anda bisa membuat dan mengelola instance, yaitu unit virtual yang berisi sistem operasi, aplikasi, dan sumber daya yang Anda butuhkan. Anda bisa memilih jenis, ukuran, dan spesifikasi instance yang Anda inginkan, serta lokasi pusat data yang Anda gunakan. Anda hanya perlu membayar layanan RDP yang Anda gunakan, yang biasanya lebih terjangkau dan fleksibel.

Untuk mendapatkan RDP gratis Amazon, Anda perlu membuat akun AWS, masuk ke AWS Management Console, pilih layanan Amazon EC2, klik tombol Launch Instance, pilih gambar Windows Server 2019 Base, pilih jenis t2.micro, sesuaikan detail konfigurasi, penyimpanan, tag, dan grup keamanan instance Anda, tinjau dan luncurkan instance Anda, buat atau pilih pasangan kunci untuk instance Anda, dan tunggu hingga instance Anda siap digunakan. Setelah itu, Anda bisa menghubungkan ke instance Anda dengan menggunakan aplikasi Remote Desktop Connection, yang merupakan aplikasi bawaan Windows. Anda perlu memasukkan alamat IP atau nama domain instance Anda, konfirmasi identitas instance Anda dengan memasukkan kunci privat Anda, masukkan nama pengguna dan kata sandi yang Anda inginkan, dan tunggu hingga koneksi RDP Anda berhasil terhubung.

Dengan menggunakan RDP, Anda bisa mendapatkan berbagai fungsi dan manfaat, seperti menghemat biaya dan sumber daya, meningkatkan produktivitas dan efisiensi, dan mendapatkan performa dan keamanan yang lebih baik. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan risiko dan tantangan yang ada, seperti koneksi internet yang tidak stabil, biaya yang tidak terduga, atau masalah kompatibilitas. Oleh karena itu, Anda perlu memilih penyedia layanan RDP yang terpercaya dan berkualitas, seperti Amazon Web Services.

FAQ

Q: Apa itu RDP?

A: RDP adalah sebuah protokol yang memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengontrol komputer jarak jauh melalui internet.

Q: Bagaimana cara mendapatkan RDP gratis Amazon?

A: Anda bisa mendapatkan RDP gratis Amazon selama 12 bulan pertama dengan menggunakan layanan Amazon EC2, yang merupakan salah satu produk dari Amazon Web Services. Anda perlu membuat akun AWS, masuk ke AWS Management Console, pilih layanan Amazon EC2, klik tombol Launch Instance, pilih gambar Windows Server 2019 Base, pilih jenis t2.micro, sesuaikan detail konfigurasi, penyimpanan, tag, dan grup keamanan instance Anda, tinjau dan luncurkan instance Anda, buat atau pilih pasangan kunci untuk instance Anda, dan tunggu hingga instance Anda siap digunakan. Setelah itu, Anda bisa menghubungkan ke instance Anda dengan menggunakan aplikasi Remote Desktop Connection, yang merupakan aplikasi bawaan Windows.

Q: Apa fungsi dan manfaat RDP?

A: Dengan menggunakan RDP, Anda bisa mendapatkan berbagai fungsi dan manfaat, seperti menghemat biaya dan sumber daya, meningkatkan produktivitas dan efisiensi, dan mendapatkan performa dan keamanan yang lebih baik.

Q: Apa risiko dan tantangan RDP?

A: Ada juga beberapa risiko dan tantangan yang harus Anda hadapi saat menggunakan RDP, seperti koneksi internet yang tidak stabil, biaya yang tidak terduga, atau masalah kompatibilitas.

Q: Apa itu Amazon Web Services?

A: Amazon Web Services adalah sebuah platform cloud computing yang menawarkan berbagai macam produk dan solusi untuk kebutuhan bisnis dan pribadi. Salah satu produk AWS yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan RDP gratis adalah Amazon EC2.