Tips dan Trik

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Shorts, Panduan Lengkap Untuk Pemula

×

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Shorts, Panduan Lengkap Untuk Pemula

Sebarkan artikel ini
Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Shorts

Menghasilkan Uang dari YouTube Shorts

Viralindong.com – Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Shorts. YouTube Shorts adalah fitur baru dari YouTube yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan menonton video pendek dengan durasi maksimal 60 detik. Fitur ini mirip dengan TikTok, Instagram Reels, atau Snapchat, yang saat ini sedang populer di kalangan anak gaul zaman now. ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari youtube short, dan berikut ini adalah langkah yang bisa kamu terapkan.

Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Shorts

Namun, tahukah kamu bahwa YouTube Shorts tidak hanya bisa digunakan untuk bersenang-senang, tetapi juga bisa menjadi sumber penghasilan? Ya, kamu bisa mendapatkan uang dari YouTube Shorts dengan berbagai cara, mulai dari iklan, langganan, sponsor, hingga bonus dari YouTube.

Penasaran bagaimana caranya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Penuhi Persyaratan YouTube Partner Program

Sebelum kamu bisa menghasilkan uang dari YouTube Shorts, kamu harus memenuhi persyaratan untuk bergabung dengan YouTube Partner Program (YPP). YPP adalah program yang memberikan kesempatan kepada kreator YouTube untuk mendapatkan pendapatan dari iklan, langganan, dan fitur lainnya.

Persyaratan untuk bergabung dengan YPP adalah:

  • Berlokasi di negara yang masuk ke dalam program YPP. Untuk Indonesia, program ini sudah tersedia sejak 2012.
  • Berusia minimal 13 tahun. Jika kamu berusia 13-18 tahun, kamu harus meminta bantuan orang tua atau wali untuk menyetujui persyaratan dan menyiapkan akun AdSense untuk pembayaran.
  • Mematuhi YouTube Community Guidelines, YouTube Terms of Service, YouTube monetization policies, dan Google AdSense program policies.
  • Memiliki minimal 1.000 subscribers dan 10 juta viewers dalam 90 hari terakhir. Ini adalah syarat khusus untuk YouTube Shorts, yang berbeda dengan syarat untuk video berdurasi panjang, yaitu 1.000 subscribers dan 4.000 jam tayangan dalam 12 bulan terakhir.
  • Memiliki minimal satu video Shorts dalam 180 hari terakhir. Video Shorts harus orisinal, bukan hasil re-upload dari video orang lain atau platform lain.

Jika kamu sudah memenuhi persyaratan di atas, kamu bisa mendaftar ke YPP melalui halaman YouTube Studio. Kamu akan diminta untuk menyetujui persyaratan, menautkan akun AdSense, dan menunggu proses peninjauan dari YouTube. Jika diterima, kamu bisa mulai menghasilkan uang dari YouTube Shorts.

Baca Juga :  Menghasilkan Uang dari Snack Video, Apa Saja Caranya?

2. Aktifkan Iklan pada Video Shorts

Salah satu cara menghasilkan uang dari YouTube Shorts adalah dengan mengaktifkan iklan pada video Shorts. Iklan ini akan muncul sebagai iklan display, overlay, atau video yang bisa ditonton atau dilewati oleh penonton.

Untuk mengaktifkan iklan pada video Shorts, kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka YouTube Studio dan pilih video Shorts yang ingin kamu monetisasi.
  • Pilih tab Monetization dan klik Turn on ads.
  • Pilih jenis iklan yang ingin kamu tampilkan. Kamu bisa memilih semua jenis iklan atau hanya beberapa saja, tergantung pada preferensi dan konten kamu.
  • Klik Save dan tunggu hingga iklan aktif.

Setelah iklan aktif, kamu bisa melihat pendapatan iklan dari video Shorts di YouTube Analytics. Pendapatan iklan akan bervariasi tergantung pada jumlah penayangan, asal audiens, dan faktor lainnya.

3. Manfaatkan Fitur Langganan Channel

Fitur langganan channel adalah fitur yang memungkinkan penggemar kamu untuk membayar biaya bulanan berulang untuk mendapatkan keuntungan khusus dari channel kamu. Keuntungan ini bisa berupa akses eksklusif ke video, live chat, emoji, badge, dan lainnya.

Untuk menggunakan fitur langganan channel, kamu harus memenuhi syarat berikut:

  • Sudah bergabung dengan YPP dan mengaktifkan monetisasi.
  • Memiliki minimal 1.000 subscribers.
  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Berlokasi di salah satu negara yang mendukung fitur ini. Untuk Indonesia, fitur ini sudah tersedia sejak 2019.

Jika kamu sudah memenuhi syarat di atas, kamu bisa mengaktifkan fitur langganan channel dengan cara berikut:

  • Buka YouTube Studio dan pilih tab Monetization.
  • Pilih tab Memberships dan klik Get started.
  • Buat penawaran langganan dengan menentukan harga, keuntungan, dan gambar untuk setiap tingkat langganan.
  • Ajukan penawaran langganan untuk ditinjau oleh YouTube. Jika disetujui, kamu bisa mulai menawarkan langganan kepada penggemar kamu.

Dengan fitur langganan channel, kamu bisa mendapatkan pendapatan tetap dari penggemar setia kamu. Kamu juga bisa meningkatkan loyalitas dan keterlibatan mereka dengan memberikan konten dan layanan yang lebih baik.

4. Kerja Sama dengan Brand atau Sponsor

Cara menghasilkan uang dari YouTube Shorts selanjutnya adalah dengan bekerja sama dengan brand atau sponsor. Kamu bisa menawarkan jasa endorsement, review, atau promosi produk atau jasa dari brand atau sponsor yang relevan dengan niche dan audiens kamu.

Untuk mendapatkan kerja sama dengan brand atau sponsor, kamu harus memiliki channel yang berkualitas, profesional, dan memiliki pengaruh yang baik. Kamu juga harus memahami apa yang diinginkan dan diharapkan oleh brand atau sponsor dari kerja sama tersebut.

Baca Juga :  Bagaimana Menjadi Konten Kreator Facebook yang Sukses dengan Reel Facebook?

Beberapa tips untuk mendapatkan kerja sama dengan brand atau sponsor adalah:

  • Buat media kit yang berisi profil, statistik, dan portofolio channel kamu. Media kit adalah dokumen yang digunakan untuk memperkenalkan dan menawarkan channel kamu kepada brand atau sponsor.
  • Cari dan hubungi brand atau sponsor yang sesuai dengan niche dan audiens kamu. Kamu bisa mencari mereka melalui platform seperti FameBit, Grapevine, atau AspireIQ, atau melalui media sosial, email, atau website mereka.
  • Buat proposal yang menarik dan meyakinkan. Proposal adalah dokumen yang berisi ide, konsep, dan detail kerja sama yang kamu tawarkan kepada brand atau sponsor. Proposal harus jelas, kreatif, dan profesional.
  • Negosiasikan harga dan syarat kerja sama. Kamu harus menentukan harga yang sesuai dengan nilai dan kualitas channel kamu, serta syarat-syarat yang adil dan menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Dengan kerja sama dengan brand atau sponsor, kamu bisa mendapatkan pendapatan tambahan dari YouTube Shorts. Kamu juga bisa meningkatkan kredibilitas dan reputasi channel kamu di mata penonton dan brand lainnya.

5. Dapatkan Bonus dari YouTube Shorts Fund

Cara terakhir untuk menghasilkan uang dari YouTube Shorts adalah dengan mendapatkan bonus dari YouTube Shorts Fund. YouTube Shorts Fund adalah dana sebesar 100 juta dolar AS yang disediakan oleh YouTube untuk memberi penghargaan kepada kreator YouTube Shorts yang berprestasi.

Untuk mendapatkan bonus dari YouTube Shorts Fund, kamu harus memenuhi syarat berikut:

  • Sudah bergabung dengan YPP dan mengaktifkan monetisasi.
  • Memiliki video Shorts yang orisinal, kreatif, dan populer.
  • Mematuhi YouTube Community Guidelines, YouTube Terms of Service, YouTube monetization policies, dan Google AdSense program policies.

Jika kamu memenuhi syarat di atas, kamu akan mendapatkan email dari YouTube yang memberitahukan bahwa kamu layak mendapatkan bonus. Bonus akan dikirimkan ke akun AdSense kamu setiap bulan, dengan jumlah yang bervariasi tergantung pada performa video Shorts kamu.

Dengan bonus dari YouTube Shorts Fund, kamu bisa mendapatkan pengakuan dan insentif dari YouTube. Kamu juga bisa termotivasi untuk terus membuat konten yang berkualitas dan menarik.

Kesimpulan

YouTube Shorts adalah fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang dari YouTube. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Mengaktifkan iklan pada video Shorts.
  • Manfaatkan fitur langganan channel.
  • Kerja sama dengan brand atau sponsor.
  • Dapatkan bonus dari YouTube Shorts Fund.

Namun, sebelum kamu bisa menghasilkan uang dari YouTube Shorts, kamu harus memenuhi persyaratan untuk bergabung dengan program YPP (Youtube Partner Program).

FAQ

Q: Apa itu YouTube Shorts?

A: YouTube Shorts adalah fitur baru dari YouTube yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan menonton video pendek dengan durasi maksimal 60 detik.

Baca Juga :  Cara Meningkatkan Follower Facebook Pro dengan Mudah dan Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Pro

Q: Bagaimana cara membuat YouTube Shorts?

A: Kamu bisa membuat YouTube Shorts dengan dua cara, yaitu:

  • Menggunakan fitur kamera Shorts di aplikasi YouTube. Kamu bisa merekam video pendek dengan berbagai efek, musik, dan alat editing yang tersedia.
  • Mengunggah video pendek yang sudah kamu buat sebelumnya. Kamu bisa mengunggah video pendek dari galeri atau kamera ponsel kamu, asalkan durasinya tidak lebih dari 60 detik dan memiliki rasio aspek vertikal.

Q: Bagaimana cara menghasilkan uang dari YouTube Shorts?

A: Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan uang dari YouTube Shorts, yaitu:

  • Mengaktifkan iklan pada video Shorts. Kamu bisa mendapatkan pendapatan dari iklan yang ditampilkan di video Shorts kamu, tergantung pada jumlah penayangan, asal audiens, dan faktor lainnya.
  • Manfaatkan fitur langganan channel. Kamu bisa mendapatkan pendapatan tetap dari penggemar yang membayar biaya bulanan untuk mendapatkan keuntungan khusus dari channel kamu, seperti akses eksklusif ke video, live chat, emoji, badge, dan lainnya.
  • Kerja sama dengan brand atau sponsor. Kamu bisa mendapatkan pendapatan tambahan dari endorsement, review, atau promosi produk atau jasa dari brand atau sponsor yang relevan dengan niche dan audiens kamu.
  • Dapatkan bonus dari YouTube Shorts Fund. Kamu bisa mendapatkan bonus dari YouTube yang memberi penghargaan kepada kreator YouTube Shorts yang berprestasi, dengan jumlah yang bervariasi tergantung pada performa video Shorts kamu.

Q: Apa syarat untuk bergabung dengan YouTube Partner Program?

A: Syarat untuk bergabung dengan YouTube Partner Program (YPP) adalah:

  • Berlokasi di negara yang masuk ke dalam program YPP. Untuk Indonesia, program ini sudah tersedia sejak 2012.
  • Berusia minimal 13 tahun. Jika kamu berusia 13-18 tahun, kamu harus meminta bantuan orang tua atau wali untuk menyetujui persyaratan dan menyiapkan akun AdSense untuk pembayaran.
  • Mematuhi YouTube Community Guidelines, YouTube Terms of Service, YouTube monetization policies, dan Google AdSense program policies.
  • Memiliki minimal 1.000 subscribers dan 10 juta viewers dalam 90 hari terakhir. Ini adalah syarat khusus untuk YouTube Shorts, yang berbeda dengan syarat untuk video berdurasi panjang, yaitu 1.000 subscribers dan 4.000 jam tayangan dalam 12 bulan terakhir.
  • Memiliki minimal satu video Shorts dalam 180 hari terakhir. Video Shorts harus orisinal, bukan hasil re-upload dari video orang lain atau platform lain.

Q: Apa bedanya YouTube Shorts dengan TikTok, Instagram Reels, atau Snapchat?

A: YouTube Shorts memiliki beberapa perbedaan dengan platform video pendek lainnya, seperti:

  • YouTube Shorts terintegrasi dengan YouTube, yang merupakan platform video terbesar di dunia. Kamu bisa menonton dan membuat video Shorts di aplikasi YouTube yang sama dengan video berdurasi panjang.
  • YouTube Shorts memiliki akses ke perpustakaan musik YouTube, yang berisi jutaan lagu dari berbagai genre, artis, dan label. Kamu bisa menggunakan musik ini secara gratis dan legal untuk video Shorts kamu.
  • YouTube Shorts memiliki fitur kamera Shorts yang lebih lengkap dan canggih, dengan berbagai efek, filter, timer, kecepatan, dan alat editing lainnya. Kamu juga bisa menambahkan teks, stiker, atau emoji ke video Shorts kamu.