Tips dan Trik

3 Cara Monetisasi di Facebook dengan Mudah Untuk Menghasilkan Uang

×

3 Cara Monetisasi di Facebook dengan Mudah Untuk Menghasilkan Uang

Sebarkan artikel ini
Cara Monetisasi di Facebook

Cara Monetisasi di Facebook

Selain akun Youtube, ternyata saat ini akun Facebook juga bisa dimonetisasi untuk bisa mengumpulkan pundi-pundi uang dari konten-konten yang kita unggah atau yang kita upload di Facebook, baik itu video berdurasi panjang, video berdurasi pendek, status teks, dan gambar atau foto yang kita upload.

Tentunya semua orang bisa menggunakan fitur monetisasi Facebook dengan mudah. Cara mendapatkan penghasilan dari konten pun sangat banyak, karena Facebook memiliki berbagai macam monetisasi yang bisa kita manfaatkan.

Diantaranya cara monetisasi Facebook yaitu dengan cara menyertakan iklan di video dan foto yang kita upload, fitur langganan dan fitur kerjasama dengan konten bermerek, Kita juga bisa menghasilkan uang dari video siaran langsung.

Cara Monetisasi di Facebook

Berikut ini adalah aturan monetisasi di Facebook yang perlu kalian ketahui.

Tentu saja sebelum melakukan monetisasi di Facebook, ada baiknya kita mengerti Bagaimana aturan-aturan terkait monetisasi, dan setidaknya ada tiga aturan yang dasar yang perlu kalian ketahui sebelum melakukan monetisasi Facebook, seperti yang sudah dijelaskan di situs web resminya.

Baca Juga :  Cara Membuat Foto Menjadi Video yang Keren dan Menarik

1. Standar komunitas

tentu saja standar komunitas merupakan aturan yang paling dasar terkait dengan konten tidak aman yang menampilkan konten sadis, konten ketelanjangan, dan ujaran kebencian. Umumnya konten-konten tersebut tidak bisa dimonetisasi, di sini kita wajib mengikuti standar komunitas yang sudah ditetapkan oleh pihak Facebook agar konten kita bisa dimonetisasi.

2. Mematuhi kebijakan monetisasi partner

standar monetisasi Facebook pada poin ini berlaku hanya di level akun, ini mengatur tindakan halaman Anda secara keseluruhan, termasuk diantaranya konten-konten yang dibuat, secara konten tersebut dibagikan, dan cara menerima serta melakukan pembayaran siaran langsung.

3. Mematuhi kebijakan monetisasi konten.

Aturan ini juga berlaku di level konten, dengan adanya Aturan ini tentunya akan mengatur konten setiap video atau unggahan perorangan yang diterbitkan di halaman yang kita kelola, standar ini meliputi aturan terhadap konten yang mengandung kekerasan, konten kriminal, konten seksual, konten asusila atau konten yang tidak semestinya berada di Facebook.

Berikut cara daftar monetisasi di Facebook.

Sebelum kita daftar monetisasi di Facebook, kita harus menentukan terlebih dahulu jenis profil, karena jenis halaman atau profil akan menentukan. Masuknya sebuah konten yang akan kita bagikan, dan setidaknya ada dua cara monetisasi Facebook di Android yang sesuai dengan jenis profil yang kita pilih.

A. Cara monetisasi Facebook dengan mode profil profesional

jika kalian menggunakan jenis profil profesional, kalian bisa terapkan cara monetisasi Facebook di Android berikut cara melakukannya.

  1. Silahkan kalian buka halaman yang akan diaktifkan fitur monetisasinya.
  2. Klik lihat fitur, menu ini akan mengarahkan kita ke dasbor profesional
  3. Kemudian pilih fitur monetisasi yang anda inginkan di bagian fitur Anda atau fitur untuk dicoba.
    – Jika anda sudah menggunakan fitur itu di desktop, fitur itu nanti akan muncul di bagian fitur anda.
    – Jika anda harus menyiapkan fitur atau memenuhi persyaratan kelayakan, tentunya fitur itu akan muncul di fitur untuk dicoba.
Baca Juga :  4 Tips Jadi Konten Kreator Hits di Facebook, Kuncinya Manfaatkan Fitur Ini

B. Cara monetisasi Facebook menggunakan classic page.

Jika Anda menggunakan fitur classic page, Anda terlebih dahulu harus menyiapkan cara sebagai berikut.

  1. Silakan buka halaman yang ingin anda aktifkan fitur monetisasinya,
  2. Kemudian ketuk Tab monetisasi di bagian atas halaman.
  3. Selanjutnya pilih fitur monetisasi yang ingin anda akses di bagian fitur Anda atau fitur untuk dicoba.

Selanjutnya hampir sama seperti pada point a di atas.

Tentunya selain mematuhi ketentuan dasar sebagaimana yang sudah saya jelaskan di atas, pengguna Facebook juga harus memenuhi syarat monetisasi Facebook yang sudah diterapkan oleh pihak Meta.

Adapun status pembunuhan syarat monetisasi Facebook terbagi menjadi 3 kategori diantaranya yaitu.

1.  Status Berwarna Hijau.

Status ini biasanya akan ditandai dengan kalimat seperti, selamat halaman Anda sudah siap menghasilkan uang.

2.  Status berwarna kuning.

Jika halaman anda dengan status berwarna kuning, biasanya halaman ini memiliki beberapa masalah yang mungkin mempengaruhi kemampuannya untuk dimonetisasi dan untuk menghasilkan uang.

3. Status dengan berwarna merah.

Jika halaman anda memiliki masalah yang serius atau masalah yang sangat fatal, saat ini Anda tidak bisa menggunakan halaman ini untuk menghasilkan uang atau untuk dimonetisasi.

Cara memeriksa kelayakan monetisasi di Facebook.

Ada dua hal yang bisa kita cek status kelayakan monetisasi Facebook yaitu di Facebook profil profesional dan di halaman.

1. Cara memeriksa kelayakan monetisasi halaman Facebook

jika status halaman anda sudah memenuhi syarat monetisasi Facebook, anda bisa lihat dengan menerapkan langkah-langkah seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Silahkan buka metabisnis versi desktop melalui alamat sebagai berikut,  https://business.facebook.com

2. Silakan lihat di sebelah kiri, klik pada tab monetisasi untuk melihat ringkasan status dan kelayakan halaman yang anda kelola.

Baca Juga :  Cara Memulai Usaha Rumahan dengan Modal Kecil Yang Paling Menguntungkan di Tahun 2023

3. Silahkan kalian pilih halaman yang ingin anda periksa di menu pilihan kiri atas.

4. Di bagian status Anda bisa melihat Apakah Anda melanggar ketentuan Facebook atau tidak.

5. Di sini Anda juga bisa melihat pelanggaran-pelanggaran yang terjadi pada halaman anda, dengan cara mengklik tab masalah kebijakan di bagian kiri.

6. Jika anda mengklik lihat kelayakan halaman, di sini anda akan melihat berbagai informasi yang lebih mendetail tentang akses halaman yang anda kelola ke berbagai fitur monetisasi.

2. Cara memeriksa kelayakan monetisasi profil mode profesional.

Berikut Bagaimana cara mengecek status pemenuhan syarat monetisasi di Facebook profesional yang anda miliki.

1. Silahkan buka dashboard profesional di perangkat seluler

2. Kemudian klik fitur untuk dicoba.

3. Klik pada monetisasi.

4. Di sini Anda bisa melihat program monetisasi dan berbagai fitur mode profesional yang sudah tersedia dalam mode profesional.

5. Namun jika profil Anda memenuhi syarat untuk fitur monetisasi,, saat Anda memilih fitur misalnya fitur monetisasi Bintang, di sini anda akan melihat prompt untuk menyiapkan fitur monetisasi tersebut dan menambahkan metode pembayaran.

6. Jika anda tidak memenuhi syarat untuk monetisasi Facebook, di atas daftar fitur monetisasi tentu akan muncul keterangan bahwa fitur ini belum memenuhi syarat.

Syarat monetisasi Facebook khusus konten video.

Agar Anda bisa melakukan dan mendapatkan fitur monetisasi Facebook dengan konten video tentunya Anda harus memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut.

1. Anda harus mematuhi standar komunitas yang sudah ditetapkan.

2. Harus mematuhi ketentuan pembayaran.

3. Harus mematuhi ketentuan halaman.

4. Anda juga harus mentaati kebijakan monetisasi konten.

5. Anda harus membaca dan menyetujui ketentuan monetisasi konten Facebook.

6. Membagikan konten autentik.

7. Membangun eksistensi yang mapan di Facebook.

Tentunya dengan anda menyertakan iklan di video, ini akan secara otomatis bahwa anda sudah mengkonfirmasi dan berhak menggunakan semua konten di setiap video yang anda upload ke Facebook.